Cara mempercepat pengindexan artikel pada blog

Banyak yang bertanya bagaimana caranya mempercepat pengindexan artikel atau blog agar muncul dalam kolom pencarian baik itu di google, yahoo, bing maupun yandex dan mesin telusur lainnya, pastinya anda pernah kebingungan jika saat mempublish sebuah artikel namun blog atau artikel kalian tidak muncul di halaman mesin telusur.

Cara mempercepat pengindexan artikel pada blog


Sebenarnya saat anda mempublish sebuah artikel memang tidak langsung terindex oleh mesin telusur dikarenakan ada tahapan uji coba terlebih dahulu yang akan dilewati pada artikel maupun blog anda sendiri, contohnya pada saat mesin telusur mencrawling artikel dan sitelink lainnya pada blog anda namun dicegah oleh penggunaan robot.txt maka blog maupun artikel itu sendiri akan sulit terindex.

Nah untuk itu disini kami mempunyai cara yang tepat dalam mempercepat pengindexan pada blog kalian, simak berikut ini :

1. Periksa Robot Txt anda


Robot.txt merupakan text yang berisi perintah kepada web crawler dalam mengakses sitelink yang ada pada blog kalian, untuk penggunaan robot.txt sendiri kami mengajurkan kepada kalian mensetting seperti berikut ini, namun sebelumnya jika kalian memakai blogger anda dapat mensetting robot.txt seperti di bawah ini :

User-agent: Googlebot Disallow: /search Allow: / User-agent: * Disallow: /search Allow: / Sitemap: https://www.lewatinaja.com/sitemap.xml

keterangan dari robot.txt diatas adalah :

Mengizinkan sebuah mesin crawler bernama Googlebot dan crawler lainnya untuk mencrawling link-link pada blog selain link pencarian pada blog.

Namun bagi anda pengguna wordpress anda dapat langsung menginstall plugin Yoast agar mendapat settingan robot.txt terbaik  pada blog anda.


2. Mengirim Peta Situs/Sitemap


Peta situs/Sitemap merupakan daftar halaman yang ada pada blog sendiri namun peta situs disini bukan peta situs untuk yang dibuat sebagai petunjuk kepada visitor yang dimaksudkan disini adalah sebuah peta situs berbentuk xml yang gunanya adalah sebagai data tersutruktur pada blog anda yang akan dibaca oleh web crawler, nah untuk anda yang menggunakan blogspot maupun domain TLD yang di hosting di blogspot anda dapat mensubmit peta situs ini ke webmaster :

https://www.lewatinaja.com/sitemap.xml

Ganti situs saya dengan domain anda, nah khusus pengguna wordpress anda harus menginstall plugin google xml sitemaps terlebih dahulu.


3. Mensubmit URL Artikel Satu Persatu Di Webmaster


Jika anda pengguna google search console atau webmaster lainnya anda dapat mensubmit URL Domain, Artikel dan sitelink lainnya pada blog anda satu persatu guna menguji apakah domain tersebut dapat langsung terindex atau tidaknya.

Cara ini terbilang sangat ampuh dalam meminta mesin crawler dapat langsung menguji dan menentukan URL yang dapat di index.


4. Mempercepat Loading Pada Blog


Sebuah studi kasus dan penelitian mengenai blog yang terasa lamban akan memberikan efek negatif pada SERP (Search Engine Result Page) hal ini dikemukakan oleh google sendiri pada tahun 2010 mengenai sebuah kecepatan blog menjadi salah satu faktor artikel maupun blog menjadi susah untuk terindex.

untuk menguji apakah blog anda lamban dalam menampilkan sebuah data di blog anda dapat menganalisanya di situs :
  • Pagespeed Insight
  • GTmetrix
Contoh pada situs saya sendiri mendapatkan score hingga pada pengujian kecepatan di pagespeed insight 96 menggunakan template ini :

Jika dirasa blog anda sudah cukup cepat kira-kira scroe di atas70 saja itu sudah terbilang lumayan asalakan jangan sampai di bawah 70, Nah sebenarnya masih banyak lagi cara agar mempercepat pengindexan artikel atau blog kalian namun 4 cara tersebut saya rasa sudah menjawab pertanyaan kalian.

Terimakasih telah berkunjung, jika anda menyukai artikel ini silahkab berbagi ke media sosial anda guna memabangun website ini dan terus memberikan informasi-informasi yang bermanfaat kepada semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel